PENGALAMAN
LAPANGAN INDUSTRI
JAKARTA
Oleh
:
HERU
SETIAWAN
NIM
: 1107027
S1
PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2014
DAFTAR
ISI
DAFTAR
ISI........................................................................................................
DATA
PRIBADI MAHASISWA.........................................................................
ISI
PROPOSAL
LATAR
BELAKANG.........................................................................................
FOKUS
KEGIATAN..........................................................................................
TUJUAN,
MANFAAT, DAN HASIL YANG INGIN DICAPAI........................
MATA KULIAH
YANG RELEVAN DENGAN
KEGIATAN INDUSTRI.....................................................................................
AKTIFITAS
DITEMPAT PRAKTEK INDUSTRI..............................................
RENCANA
KEGIATAN PRAKTEK LAPANGAN INDUSTRI........................
PENUTUP...........................................................................................................
DATA
PRIBADI MAHASISWA
Nama : Heru Setiawan
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Tempat/Tanggal Lahir : Kabanjahe, 11 Juni 1993
Agama : Islam
Alamat Di Padang : Jalan Adinegoro Perumahan Mutiara Putih Blok Y
No. 12 Kel. Batang Kabung Ganting, Kec. Koto
Tangah, Padang, Sumatera Barat
Alamat Orang Tua : Jalan Kasantaroji Kel. Ujung Padang,
Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Nomor HP : 087895548977 /
082384202977
RIWAYAT
PENDIDIKAN
1999 – 2005 :
SD Negeri 200110/15 Padangsidimpuan
2005 – 2008 :
SMP Negeri 2 Padangsidimpuan
2008 – 2011 :
SMK Negeri 1 Padangsidimpuan
2011 – Sekarang :
Universitas Negeri Padang
Status Masuk : Reguler Mandiri
NIM/BP : 1107027/2011
Jurusan : Teknik Elektronika
Program Studi : Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Fakultas : Teknik
Penasehat Akademik : Asrul Huda, M.Kom.
A. LATAR
BELAKANG
Sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam kelangsungan
pembangunan. Hal tersebut dibuktikan dengan perkembangan teknologi yang
pemahamam dan penggunaannya, diperlukan pendidikan dan latihan untuk
meningkatkan mutu sumber daya manusia itu sendiri.
Pembangunan di Indonesia masih terbilang lambat, hal ini
disebabkan oleh kurangnya tenaga terampil dan terdidik dalam suatu bidang ilmu.
Indonesia sebagai negara berkembang harus terus menggalakkan pelatihan yang sejalan dengan
keperluan dan kepentingan pembangunan saat ini.
Universitas Negeri Padang UNP merupakan salah satu
perguruan tinggi yang menghasilkan tenaga kependidikan (Strata Satu atau S1) dan tenaga propesional
(Diploma Tiga atau D3 dan Diploma Empat atau D4). Sejalan dengan itu, Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
sebagai fakultas yang menampung dan mengelola mahasiswa untuk menghasilkan lulusan terbaik dalam bidang
teknik dan meningkatkan
sumber daya manusia yang terampil menyelenggarakan program Pengalaman Lapangan Industri (PLI) sesuai dengan
kurikulum yang telah digariskan. PLI merupakan suatu kegiatan intrakurikuler
dalam kelompok mata kuliah yang wajib diikuti mahasiswa program S1, mahasiswa program D3 dan mahasiswa program D4 dengan waktu pelaksanaan
efektif selama satu bulan sampai dua
bulan. Praktek Lapangan Industri merupakan satuan mata kuliah
yang memiliki bobot 3 SKS yang setara dengan 8 minggu (2 bulan) dan wajib
dilaksanakan oleh mahasiswa yang sudah menempuh Mata Kuliah Bidang Studi (MKBS)
minimal 120 SKS dan tidak sedang mengambil mata kuliah dan tidak sedang dalam
kegiatan dalam kampus.
Sehubungan dengan kewajiban mahasiswa
untuk melaksanakan Pengalaman Lapangan Industri tersebut, penulis memilih PT.
Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh (Trans7) sebagai tempat melaksanakan praktek
industri. Kami meninjau PT. Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh (Trans7) memiliki
andil yang cukup besar dalam meningkatkan kualitas penyiaran dan pertelevisian
di Indonesia. Menjadi salah satu stasiun televisi yang sangat bermanfaat,
menginspirasi, dan cukup diperhitungkan di Indonesia. Adanya keterkaitan
program studi yang penulis tempuh dengan proses kegiatan di PT. Duta Visual
Nusantara Tivi Tujuh (Trans7) menjadi alasan bagi penulis untuk melaksanakan
kegiatan praktek industri di PT. Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh (Trans7).
Sebagaimana tujuan dari mata kuliah Pengalaman
Lapangan Industri yang tercantum dalam kurikulum program studi Pendidikan
Teknik Informatika dan Komputer, diharapkan mahasiswa dapat mengenal
bagaimana dunia kerja yang sebenarnya dan memberikan pengalaman bekerja yang
nantinya menjadi pengalaman modal mahasiswa untuk bekerja nantinya. Praktek
Industri merupakan kegiatan pertama mahasiswa untuk terlibat langsung dengan
masyarakat dunia kerja, bekerja dengan individu atau dalam kerjasama team.
Serta peningkatan dan penerapan aplikasi dari ilmu dan teknologi yang telah diperoleh
diperkuliahan sehari-hari, dan yang sangat penting dalam peningkatan hard
skill.
Pengalaman Lapangan Industri bermanfaat dalam memberikan bekal terhadap mahasiswa tentang apa yang perlu mereka miliki nantinya kalau ingin terjun ke dunia industri. Mahasiswa yang sukses dalam PLI lebih mudah beradaptasi dengan dunia kerja karena mereka diasumsikan telah memahami kebutuhan industri yang diharapkan dari mereka sebagai calon pekerja. Melalui kegiatan PLI ini maka pihak industri akan dapat melakukan observasi secara lebih baik terhadap calon pekerja, baik dari segi kemampuan kerja (keterampilan, pengetahuan dan sikap) dalam waktu yang relatif yaitu selama mahasiswa melaksanakan kegiatan PLI dibandingkan dengan kondisi kalau industri itu cuma mengandalkan kegiatan tes interview saja atau tes lain yang mempunyai keterbatasan. Dengan adanya kegiatan PLI ini, terjalin hubungan kerjasama dan silaturahmi antara pihak universitas dengan pihak industri
B. FOKUS KEGIATAN
Untuk lebih mensinkronkan
praktek di industri dengan bidang studi penulis di Fakultas Teknik Universitas
Negeri Padang, maka dengan ini penulis menjelaskan bidang keahlian penulis,
program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Sesuai dengan program
studi yang sedang penulis jalani maka penulis lebih menitik beratkan pada
bidang komputer dan jaringan.
Pemilihan bidang
komputer dan jaringan yang penulis ambil pada dasarnya sesuai dengan
konsentrasi kejuruan program studi yang penulis ambil yaitu Teknik Komputer dan
Jaringan. Fokus permasalahan yang ingin dipelajari dalam kegiatan praktek
industri ini adalah maintenance jaringan dan perawatan komputer dan jaringan
lokal yang meliputi :
Menjaga kelancaran pengoperasian komputer beserta jaringannya. Banyak sekali masalah timbul dari kesalahan pengoperasian atau kurangnya pelatihan, pengetahuan dan pengenalan terhadap komputer yang akan menghambat kelancaran dari kerja komputer. Dalam hal ini, perlu perawatan, pelatihan, konsultasi, dan penyelesaian masalah berhubungan dengan kerusakkan baik hardware maupun software ataupun kesalahan dalam pengoperasian.
- Mengoperasikan
komputer yang baik dan benar. Menuntun pemakai untuk dapat memakai dan
mengoperasikan komputer dengan baik dan benar.
- Menjaga
supaya data-data penting perusahaan tidak hilang. Mem-backup data penting
perusahaan secara rutin dalam kurun waktu tertentu
- Menghemat
anggaran belanja untuk Komputerisasi. Mengikuti prosedur paket perawatan
jaringan komputer secara professional, memungkinkan komputer pelanggan
bekerja lebih optimal walau dengan sumber daya hardware yang terbatas
- Menambah
effisiensi kerja. Menerapkan komputerisasi untuk proses kerja, sehingga
effisiensi kerja akan meningkat.
Managemen Jaringan (Network management)
merupakan suatu disiplin yang berhubungan dengan operasional, pengaturan dan
monitoring jaringan data dan voice. Manajemen dalam terminologi umum mencakup
a. Perencanaan
(planning)
b. Organisasi
(Organizing)
c. Monitoring
d. Accounting
e. Controlling
terhadap suatu aktivitas
Jaringan computer komputer dapat diartikan suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang mencakup :
a. Aset
Perangkat keras : Komputer, Hub, Switching, Router, PBX, Sentral Telefon,
Piranti Transmisi/Trunking
b. Aset
Perangkat lunak Software : Sistem Operasi (Operating System)/
Network Operating system, Aplikasi, Dll.
Definisi Network management adalah suatu
aktifitas, metod, prosedur dan tools yang berhubungan dengan operasional,
administrasi, maintenance, and provisioning sistem jaringan, dimana:
a. Operation
·
Kegiatan operasional yang berhubungan dengan
berjalannya jaringan dan service dengan baik
·
Termaksud monitoring jaringan untuk mengetahui
masalah secepat mungkin, ideal sebelum berdampak pada user
b. Administration
·
Administrasi berhubungan dengan menjaga sumber
informasi pada jaringan dan bagaimana unjuk kerja jaringan
·
Termaksud semua “housekeeping” yang diperlukan
untuk jaringan tetap terkendali
c. Maintenance
·
Maintenance fokus pada kegiatan repair and
upgrade, contohnya: Ketika equipment harus diganti,
·
Ketika router memerlukan patch image operating
system
·
Ketika switch baru ditambahakan pada jaringan.
Ketika switch baru ditambahakan pada jaringan.
·
Maintenance juga meliputi koreksi dan pencegahan
untuk managed network berjalan baik, seperti mensetting parameter konfigurasi device.
d. Provisioning
·
Provisioning berfokus pada konfigurasi
sumberdaya pada jaringan untuk mendukung layanan yang diberikan.
·
Contohnya, ini termaksud setting jaringan
sehingga kustomer baru dapat menerima layanan
Network management biasanya diaplikasikan
pada jaringan dengan skala besar seperti jaringan telekomunikasi, jaringan
komputer, dll. Network management berkaitan dengan pemeliharaan (maintenance)
dan pengadministrasian (administration) jaringan pada “top level” Network
management adalah penggunaan dan pengkoordinasian sumberdaya untuk desain,
perencanaan, pengadministrasian, analisis, pengoperasian, dan pengembangan
jaringan komunikasi untuk memenuhi tujuan-tujuan tingkat pelayanan
(service-level), dengan biaya yang wajar, dan dengan kombinasi sumberdaya yang
optimal.
Secara umum, network management adalah
layanan dengan menggunakan bermacam-macam tools, aplikasi, dan devices untuk
membantu pengelola jaringan dalam monitoring dan pemeliharaan jaringan
Batasan-batasan permasalahan ini penulis ambil untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan penulis dibidang komputer dan jaringan untuk nantinya dapat menjadi tenaga IT yang profesional dibidang ini. Selain itu, juga untuk menambah khasanah pengetahuan dalam penyusunan tugas akhir skripsi yang penulis rencanakan membahas masalah komputer dan jaringan.
C. TUJUAN, MANFAAT DAN HASIL
YANG INGIN DICAPAI
1. Tujuan
a. Umum
Meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dibidang teknologi/kejuruan melalui
keterlibatan langsung dalam berbagai kegiatan selama masa praktek industri.
b. Khusus
1.
Mempelajari sesuatu yang baru
untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan mahasiswa.
2.
Mampu menerapkan disiplin ilmu
yang diperoleh dibangku perkuliahan.
3.
Mampu mengatasi dan
mengantisipasi berbagai permasalahan yang timbul dilapangan dengan menggunakan
ilmu yang dimiliki.
4.
Melatih beradaptasi dengan
lingkungan industri dan dunia usaha melalui keikutsertaan dalam disiplin kerja
dan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak industri.
5.
Dapat memberikan sumbangan
pikiran pada perusahaan atas segala sesuatu yang mungkin dirasa kurang.
6.
Sebagai persiapan untuk terjun langsung ke industri dan mengamati mutu di tempat praktek industri.
Sebagai persiapan untuk terjun langsung ke industri dan mengamati mutu di tempat praktek industri.
7.
Melaksanakan
tugas dan kegiatan industri dan mengamati mutu di tempat Praktek Industri.
8.
Membuat
laporan praktek lapangan industri dengan format yang benar.
2.
Manfaat
Pengalaman Lapangan Industri ini bermanfaat dalam memberikan bekal
terhadap mahasiswa tentang apa yang perlu mereka miliki nantinya kalau ingin
terjun ke dunia industri. Mahasiswa yang
sukses dalam PLI lebih mudah beradaptasi dengan dunia kerja karena mereka
diasumsikan telah memahami kebutuhan industri yang diharapkan dari mereka
sebagai calon kerja.
Melalui kegiatan PLI maka pihak industri akan dapat melakukan observasi
secara lebih baik terhadap calon pekerja, baik
dari segi kemampuan kerja (keterampilan, pengetahuan dan sikap) dalam
waktu yang relative cukup panjang yaitu selama mahasiswa melaksanakan kegiatan
PLI dibandingkan dengan kondisi kalau industri itu cuma mengandalkan kegiatan
tes interview saja atau tes lain yang mempunyai keterbatasan.
3.
Hasil yang ingin dicapai
Apabila PLI ini sukses dilaksanakan oleh mahasiswa, maka diharapkan tidak akan terjadi lagi kecanggungan bagi mahasiswa memasuki dunia kerja sewaktu mereka tamat dari pendidikan. Pengalaman sewaktu menjalani PLI hendaknya merupakan masukan bagi mahasiswa terutama untuk memahami kebutuhan industri terhadap persyaratan calon tenaga kerja.
Sewaktu pulang dari PLI mahasiswa
diharapkan dapat menginformasikan kekurangan-kekurangan yang selama ini dialami
kepada dosen-dosennya di kampus. Pada saatnya pula dosen-dosen akan mendapat
kesempatan menyempurnakan segala kekurangan wawasan, kemampuan mahasiswa yang
ditemukan dalam PLI sehingga mahasiswa ini akan bisa dimaksimalkan kemampuan
atau kompetensinya sesuai tuntunan dunia kerja.
D. MATA KULIAH YANG RELEVAN DENGAN KEGIATAN INDUSTRI
Untuk mendukung pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri yang akan penulis laksanakan di PT. Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh (Trans7), berikut adalah mata kuliah pendukung
yang sesuai dengan aplikasi tersebut dan telah penulis pelajari dalam
perkuliahan di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.
No.
|
Nama Matakuliah
|
SKS
|
Sinopsis
|
1
|
Konsep Teknologi Informasi
|
2
|
Pengantar teknologi informasi, perkembangan
teknologi informasi, mengerti isu-isu kontemporer dalam bidang TI dan
berbagai bentuk implementasi teknologi informasi dalam kehidupa masyarakat dalam
upaya meningkatkan kualitas hidup berbasis pengetahuan teknologi informasi
|
2
|
Interaksi Manusia dan Komputer
|
2
|
Memberikan
pemahaman tentang manusia sebagai sumber daya terpenting dalam membangun
sistem berbasis komputer. Memahami dan menerapkan konsep desain sistem
interaksi.
|
3
|
Analisis Perancangan Sistem
|
Konsep analisis perancangan system,
metodologi dan system development lifecycle. perangkat pemodelan, rancangan
UI, UML dan case tools
|
|
4
|
Sistem Basis
Data
|
3
|
Memberikan
pemahaman model data, hubungan entitas,relasi jaringan, hierarki serta mengetahui
bentuk normal dan normalisasi. Membuat model kebutuhan basis data dengan
entity relationship modeling, DSM/SQL standar serta dasar-dasar pengembangan
aplikasi basis data
|
5
|
Sistem
Informasi
|
2
|
Konsep sistem
informasi, sistem informasi berbasis komputer dan internet, komposien,
struktur, prosedur dan pendekatan sistem informasi, database, komunikasi data
dan informasi, peranan sistem informasi unttuk kepentingan manejemen.
|
6
|
Teknologi Multimedia dan Internet
|
3
|
Memberikan kemampuan di bidang multimedia, pengeditan gambar dan,
pengeditan audio, serta pengolahan animasi dasar untuk keperluan perangkat
pembelajaran.
|
7
|
Sistem Operasi Jaringan
|
3
|
Konsep dasar server, membangun server jaringan berbasis text (Linux dan
Mikrotik), Routing, membangun proxy, membangun Web Mail dan Mail Server.
|
8
|
Analisis Perancangan Jaringan Komputer
|
3
|
Merencanakan dan menganalisa rancangan jaringan yang akan dibuat,
pemilihan perangkat jaringan yang tepat, menerapkan konsep routing, membangun
jaringan berbasis WAN.
|
9
|
Analisis dan Desain Keamanan Jaringan
|
3
|
Memberikan pemahaman dan penguasaan terhadap kemanan jaringan dan
kriptografi, mengetahui pertimbangan-pertimbangan keamanan seperti apa yang
akan diterapkan dalam jaringan yang akan dibuat, menganalisa dan mengukur
tingkat kemanan jaringan.
|
E. AKTIFITAS
DI TEMPAT PRAKTEK INDUSTRI
Dalam
kegiatan praktek industri ini aktifitas mengamati akan banyak dilakukan karena
dengan mengamati kita dapat memahami permasalahan yang sedang terjadi, apalagi
setelah diamati kita terapkan solusinya. Tentu akan sangat berguna bagi
mahasiswa itu sendiri karena dapat mengasah kemampuannya. Dalam aktifitas
mengamati, penulis akan mengamati setiap kegiatan-kegiatan yang berlangsung
dalam praktek industri baik itu dalam team, ataupun instruktur pembimbing di
temapat industri. Lama kegiatan mengamati gak
bisa diukur, karena selama mahasiswa melakukan kegiatan praktek ia
memang dituntut untuk banyak mengamati.
Setelah mengamati, mahasiswa harus bersikap aktif. Bertanya kepada rekan
team, atau bertanya kepada pembimbing. Apabila diperlukan, mahasiswa harus
meminta untuk diikutsertakan dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan begitu
mahasiswa akan memiliki keberanian untuk bertanya dan melakukan sesuatu. Kegian
ini dilakukan selama masa kegiatan praktek di tempat industri.
Untuk
pembuatan laporan akhir, penulis juga akan melakukan kegiatan kepustakaan,
seperti rajin membaca dan mencari sumber bacaan yang mendukung dalam pembuatan
laporan akhir PLI, berkunjung ke pustaka industri apabila ada, atau meminta
referensi-referensi yang mendukung dari team kerja ataupun pembimbing.
F. RENCANA KEGIATAN PRAKTEK
LAPANGAN INDUSTRI
Penulis berharap Praktek Lapangan Industri ini dapat
terlaksana selama dua bulan, dari tanggal 01 Juli 2014 sampai dengan tanggal 30 Agustus
2014 dengan rencana
kegiatan seperti berikut :
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Catatan
|
1
|
Datang ke tempat lokasi PLI
|
1 hari
|
Tanggal dan lama kegiatan ini dapat berubah sesuai
dengan kondisi tempat praktek.
|
2
|
Orientasi
lapangan
|
3 hari
|
|
3
|
Kegiatan pengambilan data dan ikut serta pada
proses pekerjaan
|
45 hari
|
|
4
|
Penyelesaian laporan PLI
|
11 hari
|
G. PENUTUP
Demikianlah proposal ini penulis buat, dengan harapan
dapat diterima dan dapat melaksanakan Pengalaman
Lapangan Industri di PT. Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh (Trans7). Atas perhatian dan kesediaan Bapak, penulis ucapkan
terima kasih.
Padang, April 2013
Diketahui
Oleh,
Dosen
Pembimbing Penulis,
__________________________ Heru Setiawan
NIP.____________________ NIM:
1107027/2011
Koordinator PLI Jurusan,
NIP.
0 Response to "Proposal Magang/Prakerin/PLI/PKL/PSG"
Posting Komentar